Instalasi Android SDK

Sekilas Tentang Android

Android adalah sistem operasi untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet yang berbasis Linux. Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Android, Inc. yang didirikan di Palo Alto, California, Amerika Serikat pada Oktober 2003. Para pendiri perusahaan tersebut adalah Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Kemudian Google mengakuisisi Android Inc. pada 17 Agustus 2005 secara penuh. Para pendiri perusahaan tersebut tetap bekerja bersama Google setelah akuisisi.

Google merilis source code dari Android sebagai open-source kepada umum di bawah Apache License dan GNU General Public License. Android Open Source Project (AOSP) dibentuk untuk tujuan pemeliharaan dan pengembangan lebih jauh dari Android.

Saat ini Android dikenal sebagai smartphone yang paling banyak terjual di seluruh dunia dengan lebih dari 300 juta perangkat Android terhitung pada Februari 2012, dimana terdapat kira-kira 850,000 perangkat Android baru per hari. Pada grafik di bawah ini diperlihatkan persentase penggunaan sistem operasi Android dibandingkan dengan sistem-sistem operasi lain yang digunakan pada perangkat smartphone. Grafik ini jelas memperlihatkan pertumbuhan Android yang luar biasa dari tahun ke tahun mulai saat ia diperkenalkan hingga saat ini yang penggunaannya melampaui para pesaingnya.

android-instalasi01

Sifat sistem operasi Android yang open source membuat pihak manufaktur mampu menjual perangkat mobile dengan harga murah, dengan demikian ada begitu banyak orang yang mampu membeli perangkat tersebut dengan harga yang terjangkau. Dengan harga yang lebih murah, seseorang bisa mendapatkan sebuah smartphone Android dengan fitur yang sama lengkapnya dengan smartphone lain.

Saat ini besarnya dukungan programmer dalam menghasilkan berbagai aplikasi membuat dunia Android menjadi semakin hangar bingar.

Instalasi di PC Windows

Dokumen ini menjelaskan langkah-langkah instalasi Android SDK di PC berbasis Windows. Walaupun Android SDK bisa di-instal di sistem operasi Mac dan Linux, namun uraian tersebut tidak akan dijelaskan di sini. Berikut ini adalah langkah-langkah instalasi software yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pemrograman Android. Silakan meng-instal software-software di bawah ini secara berurutan.

  1. Java Development Kit (JDK)

JDK dibutuhkan karena Android adalah bahasa yang berbasis Java. Versi minimum yang dianjurkan adalah JDK 5 atau JDK 6. Perhatikan bahwa yang dibutuhkan adalah JDK, bukan Java Runtime Environment (JRE) karena ia tidak mencukupi untuk melakukan proses compile program.

JDK bisa di-download gratis pada alamat situs web berikut ini:

http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

  1. Eclipse 3.6 (Helios)

Ada beberapa versi Eclipse yang beredar saat ini, namun untuk keperluan pemrograman Android dibutuhkan Eclipse Helios atau versi yang lebih baru. Eclipse 3.5 (Galileo) dan yang sebelumnya tidak bisa digunakan.

Untuk mendapatkan instalasi Eclipse Helios, silakan men-download-nya dari situs web berikut ini:

http://www.eclipse.org/helios

Pada halaman download akan ditampilkan beberapa tipe Eclipse. Tipe yang dianjurkan untuk keperluan ini adalah salah satu dari di bawah ini:

    • Eclipse IDE for Java Developers
    • Eclipse Classic
    • Eclipse IDE for Java EE Developers

Instalasi Eclipse dikemas dalam bentuk file ZIP. Setelah mendapatkan file tersebut, silakan ekstrak dan tempatkan file-file tersebut di dalam sebuah folder misalnya C:\Eclipse. Tidak ada langkah instalasi yang perlu dilakukan karena Eclipse bisa langsung dijalankan dengan file Eclipse.exe.

 

  1. Android SDK Tools

Ini adalah komponen utama untuk pemrograman Android yang harus ada. SDK ini dapat diperoleh gratis dari situs web ini:

http://developer.android.com/sdk/index.html

Instalasi software ini harus diikuti dengan langkah inisiasinya yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya setelah ini.

  1. ADT Plugin untuk Eclipse

Eclipse adalah sebuah development tool yang terbuka dan ia memungkinkan pengembang software pihak ke-tiga untuk membuat plugin atau komponen tambahan yang bisa dipasang ke dalam Eclipse. ADT Plugin adalah salah satu contoh plugin yang dikembangkan Google agar Eclipse bisa menggunakan Android SDK.

Silakan mendapatkan ADT Plugin pada alamat situs di bawah ini.

http://developer.android.com/sdk/eclipse-adt.html

ADT Plugin dikemas dalam bentuk file ZIP. Setelah file ini diperoleh, silakan mengekstrak dan menempatkannya dalam sebuah folder misalnya C:\ADT. Tidak ada langkah instalasi yang perlu dilakukan namun nantinya software ini harus diinisiasi di dalam Eclipse, yang akan dijelaskan pada bagian berikut ini.

Inisiasi Android SDK

Android SDK perlu diinisiasi karena instalasi software ini tidak serta merta meng-instal Android Application Programming Interface (API), namun hanya komponen utama seperti SDK Manager yaitu sebuah program untuk men-download komponen SDK dan Android API. Jadi sebelum SDK Manager dijalankan, instalasi Android SDK belumlah selesai karena ia masih kosong. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyelesaikan instalasi.

  1. Pada Windows jalankan program Android SDK Tools –> SDK Manager.
  2. Perhatikan bahwa program ini akan membuat koneksi ke Internet untuk men-download data-data. Jika Anda bekerja menggunakan komputer pribadi di rumah, kemungkinan Anda tidak menemukan masalah selama bisa terhubung ke Internet. Namun jika perangkat yang digunakan adalah komputer milik kantor, umumnya ada proxy server di jaringan perusahaan yang mengatur koneksi sebuah komputer karyawan ke Internet. Jika ini adalah situasinya, maka ada konfigurasi pada SDK Manager yang harus diatur – hal ini serupa jika Anda menggunakan Internet browser, dimana user ID dan password jaringan harus dimasukkan untuk melewati proxy server.

Langkah ini boleh diabaikan jika koneksi Internet tidak melalui proxy server.

Pada SDK Manager, jalankan menu Tools –> Options

android-instalasi02

Masukkan nama server atau IP Address dari proxy server berikut nomor port-nya.

  1. Tandai komponen dan API yang ingin di-download. Berikut ini adalah contoh pilihan-pilihan yang ditandai untuk di-download.

Jika daftar tersebut tidak muncul, jalankan menu Packages –> Reload.

android-instalasi03

Jika koneksi Internet adalah melalui proxy server, maka Anda akan diminta memasukkan User ID dan password jaringan, berikut nama domain-nya.

android-instalasi04

  1. Setelah nama-nama komponen muncul di dalam daftar dan pilihan-pilihannya ditandai, silakan melanjutkan dengan menekan tombol Install … packages.

CATATAN:
Setiap kali sebuah komponen akan di-download window authentication di atas akan selalu muncul, sehingga User ID dan password harus dimasukkan berulang kali.

Proses download mungkin akan membutuhkan waktu yang lama, tetapi keseluruhan instalasi ini harus terus dipantau hingga selesai karena prosesnya akan tertunda saat window authentication tersebut muncul sewaktu-waktu

 

Inisiasi ADT Plugin

ADT Plugin yang telah diekstrak perlu diinisiasi di dalam Eclipse dengan langkah sebagai berikut.

  1. Jalankan Eclipse dan buka menu Help –> Install New Software

android-instalasi05

  1. Klik tombol Add untuk menambahkan sebuah plugin. Karena plugin tersebut telah ada di dalam komputer, klik tombol Local dan arahkan kepada folder hasil ekstrak ADT Plugin tadi.

android-instalasi06

  1. Pada contoh ini lokasi ADT Plugin adalah C:\ADT-16.0.1, dan ini bisa berbeda dengan lokasi pada komputer Anda.

android-instalasi07

Pilih semua pilihan komponen yang ada, kemudian klik Next untuk melanjutkan.

  1. Untuk memeriksa hasil inisiasi, jalankan menu Window pada Eclipse.

android-instalasi08

Sekilas akan tampak dua tambahan menu baru yaitu Android SDK Manager dan AVD Manager – sebuah tanda yang bagus.

Namun mari lanjutkan lebih jauh dengan memilih menu Preferences.

  1. Pilih Android pada window Preferences dan perhatikan sejumlah API yang telah terinstal sesuai dengan pilihan yang dibuat saat menginisiasi Android SDK di langkah sebelumnya.

android-instalasi09

Jika apa yang tampak pada komputer sudah sama dengan yang ditunjukkan di atas, maka dipastikan instalasi sudah dilakukan dengan benar.

Menggunakan AVD Manager

Program ke-dua yang ada di dalam Android SDK adalah AVD Manager. AVD adalah kependekan dari Android Virtual Device, yaitu program emulator Android. AVD memungkinkan seorang programmer untuk menjalankan program Android di dalam PC yang mengemulasikan perangkat handset atau tablet Android. Cara ini sangat membantu programmer karena ia bisa menguji coba programnya pada berbagai tipe perangkat Android tanpa ia harus menggunakan perangkat yang sesungguhnya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat dan menggunakan AVD.

  1. Pada Windows jalankan menu Android SDK Tools –> AVD Manager.

android-instalasi10

Secara alternatif AVD Manager bisa juga dijalankan dari Eclipse melalui menu Windows –> AVD Manager.

  1. Saat AVD Manager dijalankan pertama kali, kemungkinan tak ada virtual device di dalamnya. Klik tombol New untuk membuat sebuah virtual device.

android-instalasi11

Tabel berikut ini dapat sebagai panduan untuk membuat sebuah virtual device. Sebuah virtual device dengan ukuran layar dan kekerapatan pixel tertentu dapat diperoleh dengan memilih kofigurasi yang bersangkutan.

android-instalasi12

android-instalasi13

android-instalasi14

 

Setelah semua instalasi software selesai dilakukan maka Anda sudah siap untuk memogram Android.

 

Referensi:

 

end-of-doc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *