Program Database Sederhana di Android

Artikel ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul “Menggunakan Database di Android”. Anda dianjurkan untuk membaca artikel tersebut karena mengandung penjelasan dasar-dasar database di Android yang sangat berguna untuk memberikan landasan pemahaman terutama untuk pemula.

Pada pembahasan ini akan diperlihatkan sebuah program sederhana untuk membuat database SQLite, membuat sebuah table dan mengisi data ke dalamnya, dan menampilkan data tersebut. Penjelasan ini sengaja menggunakan contoh yang sangat sederhana supaya para pembaca dapat memahami prinsip-prinsip yang esensial di dalam penggunaan database SQLite. Tampilan output pada layar pun akan dibuat minimalis dengan mengabaikan tampilan yang dipercantik untuk menghindari tambahan-tambahan baris program pemanis yang mengesankan keruwetan dan mengaburkan fokus pembaca pada inti pembahasan.

Menyimpan dan menampilkan data adalah operasi database yang sangat mendasar, namun perlu disadari bahwa aplikasi yang canggih dan sangat kompleks sekalipun tidak lepas dari operasi-operasi dasar tersebut. Oleh karena itu para programmer perlu mengetahui teknik-teknik dan penggunaan class-class yang berkaitan dengan database mulai dari tahap yang awal. Setelah dikuasainya konsep dasar tersebut, selanjutnya Anda bisa mengembangkan dan mengombinasikan berbagai teknik yang lebih baik dan efisien sesuai dengan keperluan.

Contoh program ini terdiri dari dua bagian, yaitu program yang menampilkan sebuah form pengisian data dimana pengguna bisa memasukkan data kemudian menyimpannya di dalam database. Bagian yang ke-dua adalah untuk menampilkan data yang tersimpan. Sebelum kedua bagian program itu bisa bekerja, tentunya program utama akan terlebih dahulu menyiapkan database dan membuat table dengan struktur tertentu. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dari cara kerja program tersebut, silakan memperhatikan beberapa ilustrasi di bawah ini.

android-db-sederhana01

Saat program dijalankan ada dua buah tombol untuk memilih antara memasukan data (New) atau menampilkan data (Browse).

 

android-db-sederhana02

Saat tombol New ditekan, sebuah form ditampilkan untuk pengisian data.

Pengguna melengkapi semua field kemudian menekan tombol Save untuk menyimpan data.

 

android-db-sederhana03

Kembali pada tampilan utama. Saat tombol Browse ditekan, data-data akan ditampilkan secara bergantian pada kotak pesan mulai dari awal hingga akhir.

 

Berikut ini adalah uraian mengenai pembuatan program tersebut.

  1. Jalankan Eclipse dan buat sebuah Android Project.

android-db-sederhana04

  1. Buat sebuah class baru bernama DBAdapter dengan kode program di bawah ini. Anda tidak perlu mengetikkan sendiri kode program itu karena program selengkapnya bisa diunduh dari situs web dimana artikel ini berasal.

Class ini dibuat untuk menempatkan sub-program yang menangani operasi-operasi database seperti pembuatan table, pengisian data, perubahan data, penghapusan data dan pemanggilan data. Tujuannya adalah tidak mencampur-adukkan logika bisnis dengan operasi tingkat rendah (SELECT, INSERT, UPDATE dan DELETE) yang akan membuat kode program sulit dibaca dan berkesan rumit sekali. Untuk tujuan kerapihan program, akan jauh lebih baik jika program utama fokus hanya pada jalannya alur program utama, sementara fungsi-fungsi database dipisahkan ke dalam class DBAdapter ini. Program utama cukup memanggil fungsi-fungsinya secara sederhana dengan satu baris perintah saja, walaupun sebetulnya fungsi itu ditulis dengan baris yang panjang dan proses yang rumit di bagian sub-program.

 Dengan merujuk pada konsep embedded database, tampak bahwa program ini akan membuat sebuah database SQLite bernama mycompany.sqlite pada perangkat android yaitu smartphone atau tablet android; atau emulator android jika program ini dijalankan pada komputer selama masih dalam tahap pengembangan. Selanjutnya ke dalam database itu akan ditambahkan sebuah table bernama customers dengan perintah CREATE berikut ini,

 Database dan table tersebut akan dibentuk saat program dijalankan pertama kali, yaitu melalui objek DatabaseHelper saat ia diinisiasi.

 Pada bagian akhir dari class tersebut tampak dua buah method bernama insertCustomer dan getAllCustomers yang masing-masing berfungsi untuk menambahkan data ke dalam table customers dan mengambil data dari dalamnya. Perhatikan cara penggunaan fungsi insert dan query yang bisa jadi merupakan sesuatu yang baru untuk Anda, serta penggunaan objek Cursor untuk menampung baris-baris hasil pengambilan data.

  1. Buka res –> layout –> main.xml untuk merancang tampilan layar utama. Tambahkan dua buah tombol pada tampilan seperti diperlihatkan di bawah ini.

android-db-sederhana05

  1. Buat sebuah file Android XML dan beri nama sebagai customer_form.xml dengan tipe Layout.

android-db-sederhana06

  1. Silakan mendesain form pengsian data seperti diperlihatkan oleh gambar berikut ini.

android-db-sederhana07

  1. Buat sebuah file Android XML lain dan beri nama sebagai save_customer.xml dengan tipe Layout. Tambahkan sebuah tombol pada tampilan seperti diperlihatkan di bawah ini.

android-db-sederhana08

  1. Buka class MainActivity.java untuk menambahkan kode program sebagai berikut.

 Bagian terpenting dari program ini adalah menagani aksi penekanan tombol New dan Browse. Saat tombol New ditekan maka class CustomerForm akan dipanggil untuk menampilkan layar yang ditunjukkan oleh customer_form.xml, yaitu untuk pengisian data.

Namun saat tombol Browse ditekan, maka data yang tersimpan di dalam database SQLite akan ditampilkan melalui baris program berikut ini:

 

  1. Buat sebuah class baru bernama CustomerForm yang berisi program sebagai berikut.

 Program di atas memeriksa isian pada form untuk memastikan semua field diisi. Saat semua data telah diisi dengan benar maka ia akan mengirim isi semua field kepada class lain yang bernama SaveCustomer melalui baris-baris program:

 

  1. Buat class yang terakhir bernama SaveCustomer yang berisi program sebagai berikut.

 Program ini menangkap nilai-nilai field yang dikirim oleh class sebelumnya kemudian menyimpan data tersebut ke dalam table melalui fungsi insertCustomer. Operasi database dilakukan di dalam blok try-catch untuk mengantisipasi jika seandainya terjadi database error yang bisa mengakibatkan program berhenti secara mendadak. Blok try-catch akan menangkap error semacam itu secara elegan dan menampilkan pesan error tanpa mengakibatkan program berhenti.

Saat data berhasil disimpan, ia akan menampilkan pesan “Data successfully saved”, dan tampak sebuah tombol yang jika ditekan akan mengembalikan tampilan ke layar utama seperti semula.

  1. Pada langkah terakhir, buka file AndroidManifest.xml dan tambahkan/edit baris di bawah ini.

  1.  Silakan menjalankan program tersebut pada emulator Android untuk melihat hasilnya.

 

Setelah Anda berhasil memasukkan beberapa data, silakan mengambil database SQLite yang ada di dalam emulator agar bisa dilihat isinya menggunakan program SQLite Manager. Langkah-langkah untuk mengambil database dan membaca isinya telah dijelaskan pada artikel sebelumnya seperti yang dijelaskan pada bagian awal tulisan ini.

Sebagai penutup berikut ini adalah beberapa method penting yang ada di dalam class SQLiteDatabase yang merupakan operasi dasar pengoperasian database SQLite. Penggunaan method tersebut harus dipahami karena mereka hampir selalu digunakan di dalam aplikasi database.

android-db-sederhana09

Di luar method tersebut masih ada banyak method lain yang perlu Anda ketahui pemakaiannya untuk mengoptimalkan penggunaan database SQLite di dalam aplikasi Android. Silakan membaca referensi di bawah ini untuk informasi lebih lengkap mengenai method dan perintah SQL:

Download kode program

end-of-doc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *