Berbagi Koneksi Internet Broadband

Pendahuluan

Pada umumnya akses Internet broadband untuk pelanggan individual hanya dapat diberikan kepada satu koneksi untuk setiap pelanggan, misalnya jika ada sebuah keluarga berlangganan koneksi Internet maka kepada keluarga tersebut hanya diberikan sebuah akses untuk sebuah komputer sekalipun di rumah tersebut terdapat lebih dari satu komputer. Bisa saja berlangganan koneksi tambahan, tapi tentunya harus membayar lagi dengan jumlah biaya yang sama. Sangat disayangkan jika koneksi Internet itu hanya dipakai oleh sebuah komputer sementara harusnya utilisasinya bisa dioptimalkan dan dipakai bersama-sama.

Tips yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah cara berbagi atau sharing koneksi Internet yang berjenis boardband dengan menggunakan modem Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL). Fungsi modem ADSL sama seperti model dial-up yang konvensional, yaitu menjadi penghubung antara Internet dan komputer di rumah pelanggan.

Koneksi antara modem ADSL dan komputer umumnya dapat dilakukan melalui dua cara: kabel RJ45 atau kabel USB.

Kabel RJ45

network-berbagi-koneksi01

Saat Anda mendaftar langganan koneksi Internet broadband pada sebuah penyedia jasa Internet (Internet Service Provider=ISP), maka ISP tersebut akan mendaftarkan alamat Media Access Control (MAC Address) dari kartu jaringan (Network Interface Card) komputer yang Anda gunakan pada server ISP. Hal ini dilakukan ISP untuk mencegah akses yang tidak diijinkan dari komputer lain yang tidak terdaftar di server ISP. Itulah sebabnya mengapa sebuah koneksi Internet broadband tidak dapat dipakai bergantian jika modem ADSL dan komputer dihubungkan menggunakan kabel RJ45 karena setiap kartu jaringan memiiliki MAC Address yang unik. Koneksi Internet bisa bekerja hanya pada kartu jaringan yang alamatnya sudah terdaftar di ISP. Sekalipun hal ini akan membatasi akses Internet namun dengan cara tertentu koneksi Internet broadband dapat dibagi di antara beberapa komputer.

Kabel USB

Jika modem ADSL dan komputer dihubungkan menggunakan kabel dan port USB maka pembatasan MAC Address di atas tidak berlaku. MAC Address tidak dikenal pada port USB. Itu sebabnya koneksi Internet broadband dapat digunakan oleh komputer-komputer yang berbeda secara bergantian selama koneksi antara modem ADSL dan komputer dilakukan melalui kabel USB.

network-berbagi-koneksi02

Penggunaan kabel USB sangat berguna jika sebuah koneksi Internet ingin digunakan secara bergantian. Namun kekurangan pada jenis ini adalah koneksinya tidak dapat dibagikan pada komputer-komputer lain secara bersamaan.

Membagi Koneksi Internet

Cara berbagi koneksi Internet disini adalah merujuk pada penggunaan modem ADSL dengan kabel RJ45. Sebelum tips ini bisa dipraktekkan, berikut ini adalah hal-hal yang harus dilakukan:

  1. Berlanggan sebuah koneksi Internet broadband pada sebuah ISP. Ada beberapa perusahaan yang menyediakan akses berlangganan broadband seperti Telkom Speedy dan Firstmedia Fastnet. Sebagai langkah awal, mulailah dengan pilihan kecepatan yang paling kecil, misalnya 384 Kbps. Jika nantinya diinginkan kecepatan yang lebih tinggi, Anda masih bisa meng-upgrade-nya. Saat mendaftar, umumnya ISP akan meminta Anda untuk membeli model ADSL sesuai dengan spesifikasi yang diminta. Untuk alasan praktis, ada baiknya Anda membeli pada ISP yang bersangkutan supaya bisa sekalian dibantu instalasi oleh teknisinya. Perhatikan bahwa saat teknisi melakukan instalasi, ia akan mencatat MAC Address dari kartu jaringan komputer Anda dan ia akan berkoordinasi dengan koleganya di kantor supaya mendaftarkan alamat tersebut di server ISP. Pada tahap ini Anda sebaiknya menanyakan alamat DNS dari server ISP tersebut. Hal ini penting diketahui agar bisa dikonfigur pada router nantinya. Umumnya alamat DNS ini terdiri dari primary dan secondary, alangkah baiknya jika keduanya bisa diketahui. Jangan putus asa jika Anda tidak bisa mendapatkan informasi itu karena alamat DNS yang dibutuhkan dapat didapatkan melalui google. Coba saja lakukan pencarian dengan kata kunci “DNS” diikuti nama paket broadband nya. Jika Anda beruntung, alamat-alamat DNS itu akan berhasil ditemukan. Sebaiknya Anda berlangganan ISP yang populer karena informasinya bertebaran di Internet.
  2. Membeli sebuah router yang cukup handal. Router adalah sebuah alat yang umum digunakan pada sebuah jaringan komputer untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain. Jangan membeli atau menggunakan switch apalagi hub. Router adalah perangkat jaringan yang memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan switch dan hub. Untuk alasan Internet sharing, switch dan hub tidak bisa digunakan karena keterbatasan fitur tersebut (akan dijelaskan nanti). Walaupun router biasa dapat digunakan namun Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan wireless router karena router jenis ini akan memberikan banyak keuntungan kepada pemakainya dibandingkan router yang biasa:
    • Dengan mudah mengakses Internet dari laptop tanpa kabel yang membatasi ruang gerak.
    • Mengakses Internet dari handphone yang dilengkapi dengan fitur wi-fi.
    • Mengakses Internet dari Blackberry sehingga bisa menghemat biaya berlangganan layanan BB. Anda cukup berlangganan paket hemat saja (cukup chat dan push email, minus Internet) karena untuk download aplikasi BB atau ber-Internet ria bisa dilakukan saat di rumah.
    • Rumah Anda akan memiliki wi-fi hotspot yang bisa diakses oleh seantero rumah termasuk komputer di lantai atas. Beberapa modem yang bagus memiliki sinyal yang cukup kuat hingga bisa menembus dinding dan lantai atas.

Sebuah wireless router yang handal dapat diperoleh dalam kisaran harga Rp 300 – 500 ribu.

  1. Siapkan beberapa kabel RJ45 (minimal 2 buah) dengan panjang yang cukup agar bisa menghubungkan modem, router dan komputer.

Saat hendak membeli sebuah router, harap memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Jumlah port yang dimiliki oleh router tersebut cukup untuk dipakai oleh komputer-komputer seandainya akan menggunakan kabel RJ45. Umumnya router yang berukuran kecil memiliki 4 port dengan kecepatan 10/100Mbps, jadi mestinya cukup untuk melayani beberapa komputer di dalam sebuah rumah. Namun jika router itu adalah tipe wireless, maka jumlah komputer yang bisa terhubung menggunakan koneksi wireless bisa lebih banyak. Silakan saja sambungkan komputer sebanyak mungkin selama kecepatan Internet-nya tidak merosot.
  2. Untuk wireless router, pastikan frekuensi perangkat tersebut memenuhi standar protokol komunikasi 802.11. Saat ini standard yang paling umum digunakan adalah 802.11b dan 802.11g.
  1. Router yang akan dipakai harus memiliki fitur Clone MAC Address (akan dijelaskan kemudian).


Men-setup Router

Sebelum melakukan pembagian koneksi Internet, pastikan Anda bisa mengakses Internet dengan konfigurasi standar menggunakan kabel RJ45 yang dilakukan oleh teknisi ISP. Ini penting dilakukan supaya Anda yakin sudah mendapatkan akses Internet dan koneksi tersebut sudah berjalan dengan baik. Setelah melakukan persiapan seperti diatas, maka sekarang saatnya praktek.

  1. Silakan rangkai modem dan router seperti gambar di bawah ini.

network-berbagi-koneksi03

  1. Agar router bisa dikonfigur, hubungan sebuah komputer dengan salah satu port dari router. Untuk meng-konfigur sebuah router, Anda harus membaca operation manual nya terlebuh dahulu karena setiap merk router mempunyai cara yang berbeda dengan merk yang lain. Sebagai contoh, router yang digunakan oleh penulis dapat dikonfigur menggunakan sebuah program browser dengan mengetikkan alamat http://192.168.1.1.
  2. Terlepas dari merk router yang digunakan, berikut ini adalah konfigurasi dasar yang berlaku pada semua router secara umum. Pilih router tersebut sebagai sebuah Gateway.

network-berbagi-koneksi04

  1. Pilih frekuensi yang mendukung protokol 802.11b dan 802.11g.

Silakan isi kolom Service Set Identifier (SSID) dengan nama yang Anda inginkan. SSID adalah nama jaringan wireless yang akan dikenali saat sebuah perangkat wireless mencari/mendapatkan sinyal dari wireless router tersebut.

network-berbagi-koneksi05

  1. Pastikan jaringan wireless ini aman dengan memilih mode enkripsinya dan kode pengamannya. Umumnya enkripsi yang dipilih adalah Wireless encryption (WEP) atau Wi-Fi Protected Access (WPA).

network-berbagi-koneksi06

  1. Ini adalah langkah yang terpenting agar koneksi Internet bias dibagi. Pilih WAN Access Type sebagai DHCP Client dan isikan alamat DNS primary dan secondary dari server ISP secara manual.

network-berbagi-koneksi07

Selanjutnya masukkan MAC Address dari kartu jaringan komputer yang terdaftar di server ISP ke dalam kolom Clone MAC Address.

Jika langkah-langkah di atas Anda lakukan dengan benar, niscaya koneksi Internet broadband di rumah Anda bisa dibagi.

 

end-of-doc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *